VISI
“Menjadi lembaga pengajaran dan pendidikan tenaga medis yang profesional dan berdasarkan  nurani” Bagi kami, menjadi seorang tenaga medis bukan sekedar sebuah gelar akademis yang memperbolehkan seseorang untuk praktek atau tidak. Menjadi seorang tenaga medis berarti menjalani sebuah profesi yang menuntut etos kerja setinggi mungkin, mulai dari pelayanan lege artis, berinteraksi dengan pasien sepenuh hati, dan belajar tanpa henti. Pertama, Ingenio adalah lembaga pengajaran. Ini berarti kami mengajar secara akademis terkait dengan ilmu kedokteran yang benar. Hal ini terkait langsung dengan tujuan menghasilkan tenaga medis profesional. Jelas, tanpa keilmuan yang cukup, seorang tenaga medis tidak akan mampu  berkarya dengan baik. Kedua, Ingenio juga adalah lembaga pendidikan untuk menghasilkan tenaga medis berhati nurani.
Itulah mengapa bagi kami, sekedar angka kelulusan ujian tidaklah terlalu penting. Bagi kami, ketika seseorang sudah layak menjadi seorang tenaga medis, baik dari segi keilmuan maupun hati, orang tersebut pasti akan lulus ujian. Kami melihat lebih dari sekedar ujian. Kami bertujuan mencetak pola pikir diagnostik dan logika yang akan bertahan hingga puluhan tahun mendatang. Ketika seorang tenaga medis sudah mampu berpikir untuk dirinya lebih sekedar ‘lulus ujian’, disinilah profesionalitas dan nurani altruistik mereka terbentuk. Di tengah dunia kedokteran yang semakin komersil, memang visi ini terasa sangat klise. Ketika bimbingan lain fokus kepada hanya kelulusan bergantung pada kesamaan antara soal latihan dengan ujian sesungguhnya, Ingenio justru berlari ke arah sebaliknya. Ketika profesionalitas dan nurani terjegal oleh otoritas praktek atau tidak, lulus ujian atau tidak, kami justru mengajarkan profesionalitas dan nurani hingga titik tertinggi yang bisa kami capai. Itulah mengapa, visi Ingenio adalah “Menjadi lembaga pengajaran dan pendidikan tenaga medis yang profesional dan berdasarkan nurani”. Dan kami sepenuh hati mengaplikasikan kata demi kata dari visi ini

MISI

Visi kami memang sangat ambisius, ya kami akui itu. Itulah mengapa untuk menerapkan visi itu, misi adalah sebagai berikut:
1. Mengajar dan mendidik melalui pola pikir dan landasan teori yang kuat
2. Tidak pernah berkompromi tentang kualitas pendidikan
3. Tidak pernah berkompromi tentang mentalitas tenaga medis

“Mengajar dan mendidik melalui pola pikir dan landasan teori yang kuat”

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Ingenio sangat berfokus pada pola pikir dan landasan teori. Kami tidak hanya menarget lulus ujian, target kami adalah ‘pola pikir yang benar’. Bagi kami, lulus ujian hanyalah efek kausalitas dari pola pikir yang benar. Sekali lagi, seorang yang sudah layak menjadi seorang tenaga medis pasti akan lulus ujian.

“Tidak pernah berkompromi tentang kualitas pendidikan”
Untuk mencapai visi tenaga medis yang profesional, jelas kualitas pendidikan sangatlah esensial. Ingenio menjamin bahwa setiap kalimat yang tertulis dalam buku intensif kami adalah kalimat yang bertanggung jawab. Setiap tahun, buku tersebut juga direvisi agar tetap updated, karena ilmu kedokteran selalu berkembang. Setiap tutor juga selalu mengevaluasi tren soal ujian yang muncul, dan menyesuaikan materi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan. Kedua, Ingenio tidak pernah dengan sembarangan menjawab soal latihan ujian baik yang dikeluarkan oleh Ingenio sendiri maupun dari institusi lain. Setiap jawaban yang kami cantumkan berasal dari sumber yang terpercaya baik tingkat nasional maupun internasional. Ingenio memiliki guideline khusus mengenai sumber literatur yang boleh dipakai untuk menjawab soal, dimana guideline ini sesuai dengan sumber yang digunakan oleh pihak penyelenggara ujian. Setiap jawaban soal yang kami berikan adalah jawaban yang bertanggung jawab. Dan kami berkompromi untuk hal ini. Tidak sekalipun.
“Tidak pernah berkompromi tentang mentalitas tenaga medis”
Bagian kedua dari visi Ingenio adalah mendidik tenaga medis yang berdasarkan hati nurani. Untuk inilah, misi ketiga ini dibentuk. Setiap tenaga medis perlu memiliki mentalitas yang kuat dan lurus. Profesi sebagai tenaga medis sangatlah krusial dalam masyarakat karena terkait dengan nyawa manusia, yang ketika dilakukan dengan mentalitas yang buruk akan sangat berbahaya. Mentalitas yang buruk inilah yang selama ini menjadikan citra tenaga medis di Indonesia menjadi tercoreng. Sekali lagi Ingenio berlari melawan arus untuk mengoreksi hal ini dalam peserta didik kami. Dalam setiap pertemuan, tutor akan mengajar sepenuh hati untuk membuat peserta didik mengerti makna sebenarnya menjadi seorang tenaga medis. Sekali lagi, tanpa kompromi.